Seberapa Jauh Inflasi Kanada Memengaruhi  Bank Sentral Dan Loonie?

Seberapa Jauh Inflasi Kanada Memengaruhi  Bank Sentral Dan Loonie?

Diperbarui • 2023-11-21

Kanada pada hari Selasa (21/11/2023) akan merilis data inflasinya yang diperkirakan akan kembali menunjukkan penurunan dalam tingkat tahunan. Jika itu benar terjadi, maka ini akan menjadi berita yang diharapkan oleh Bank of Canada (BoC) yang belum tentu negatif untuk dolar Kanada.

Badan Statistik Kanada akan merilis Indeks Harga Konsumen (CPI) bulan Oktober, yang diperkirakan akan inflasi tahunan Kanada naik 3,2% dari kenaikan 3,8% yang tercatat di September. Artinya, angka ini semakin mendekati target Bank of Canada (BoC) sebesar 2%. Inflasi bulanan diperkirakan naik 0,1% setelah secara terduga turun 0,1% di September.

Penurunan harga bahan bakar dan kenaikan bertahap pada harga barang dan bahan makanan diperkirakan masih akan menggerakkan kenaikan inflasi bulanan yang moderat, yang menyebabkan penurunan pada tingkat tahunan. Skenario ini akan memperkuat ekspektasi bahwa BoC tidak akan menaikkan suku bunga lebih lanjut dalam siklus pengetatan saat ini.

Sementara pasar sejauh ini meyakini BoC tidak menaikkan suku bunga, dan menurut pasar suku bunga, probabilitas BoC melakukan penurunan suku bunga sekitar 35% dan itu akan terjadi pada bulan Maret tahun depan, dengan probabilitas penurunan suku bunga meningkat menjadi lebih dari 60% pada pertemuan di bulan April.

Pasar justru memperkirakan penurunan suku bunga akan mulai terjadi di paruh pertama tahun depan karena prospek ekonomi yang lemah. Sehingga, perlambatan inflasi akan menjadi petunjuk yang baik bagi perekonomian dan dapat berdampak positif pada dolar Kanada (Loonie), meski tanpa kenaikan suku bunga lebih lanjut.

Penurunan harga Minyak Mentah membebani Loonie dalam beberapa hari terakhir. Namun, sejak hari Jumat, harga Minyak Mentah telah rebound, dan tidak memberikan momentum tambahan untuk dolar Loonie.

Laporan ini dapat berdampak ringan karena ekspektasi pasar terhadap Bank of Canada untuk mempertahankan suku bunga tidak berubah tetap kuat, dan angka CPI kemungkinan tidak akan menjadi pengubah permainan. Angka yang lebih tinggi dari perkiraan yang memicu ekspektasi pengetatan lebih lanjut dapat meningkatkan Dolar Kanada (Loonie), tetapi hanya untuk sementara.

Analisa Teknikal USDCAD

USDCAD 21112023.jpg

USDCAD bergerak relatif konsolidasi setelah hanya menyentuh level atas intraday di level 1.3729 dan level bawah intraday 1.3704. Pada timeframe H1 harga terlihat sideway mengikuti Simple Moving Average (SMA) 50 dan 100 dengan harga bergerak di antara dua Moving Average itu. Sementara indikator Relative Strength Index bergerak di garis tengah.

Jika data cukup positif bagi Loonie, pasangan USDCAD berpotensi bergerak turun menuju level support terdekatnya di area 1.3710, sebelum menuju level kritis 1.3700 dengan support selanjutnya di level 1.3688. Pembalikan arah atas data yang melemahkan Loonie, akan membawa USDCAD naik menuju level Resistance terdekatnya di level 1.3748, dengan potensi melanjutkan kenaikan menuju level Resistance selanjutnya di level 1.3781

Analisa Teknikal GBPCAD

GBPCAD 21112023.jpg

GBPCAD dalam pola Bullish signifikan, terus memperbarui level atas intraday nya di level 1.7207 dan level bawah intraday 1.7146. Pada timeframe H1 harga terlihat bergerak stabil di atas lintasan Simple Moving Average (SMA)50, 100, dan 200 diikuti dengan indikator Relative Strength Index juga bergerak stabil di antara garis tengah dan garis overbought.

Data yang positif bagi Loonie, berpotensi membawa pasangan GBPCAD bergerak turun menuju level support terdekatnya di area 1.7155. Bila level ini mampu ditembus, pasangan GBPCAD berpotensi turun lintasan SMA50 dengan target ke level support selanjutnya di level 1.7115. Sementara, pembalikan arah atas data yang melemahkan Loonie, akan mendorong pasangan GBPCAD naik menuju level Resistance terdekatnya di level 1.7243. Penembusan harga ke atas level ini akan membawa pasangan GBPUSD lanjutkan kenaikan menuju resistance selanjutnya di level 1.3781.

Analisa Teknikal CADJPY

CADJPY 21112023.jpg

Loonie masih cukup lemah terhadap Safe-Haven yen. CADJPY menunjukkan tren Bearish yang signifikan, melanjutkan tren penurunan hari keempat berturut-turut dan terus memperbarui level bawah intraday di level 107.24. Ini terlihat pada timeframe H1 di mana harga turun dan bergerak di bawah lintasan Simple Moving Average (SMA)50, 100, dan 200. Penurunan pasangan CADJPY ini diikuti dengan indikator Relative Strength Index yang bergerak di atas garis Oversold, menunjukkan tren penurunan yang berkelanjutan.

Penurunan lebih lanjut imbas data inflasi Kanada yang negatif bagi Loonie, berpotensi membawa pasangan CADJPY turun menuju level support terdekatnya di level 107.00 yang juga menjadi level psikologis. Bila level ini ditembus, pasangan CADJPY berpotensi lanjutkan penurunan menuju level support selanjutnya di level 106.62. Sementara, pembalikan arah atas data yang positif bagi Loonie, akan mendorong pasangan CADJPY naik menuju level Resistance terdekatnya di level 107.50. Dengan kenaikan yang berlanjut, berpotensi membawa pasangan ini menuju level resistance selanjutnya di level 107.82.

 

Mulai Trading Sekarang-2.png

Menyerupai

AUDUSD Berbias Bearish di Tengah Risk-Aversion
AUDUSD Berbias Bearish di Tengah Risk-Aversion

Dolar Australia menguat tipis di awal perdagangan akhir pekan ini, namun masih dalam tren penurunan. Pasar diperkirakan sepi karena memperingati Jumat Agung. Dolar AS menguat karena data ekonomi AS menunjukkan ekspansi,

Data Ekonomi Australia Melemah, Seiring Melemahnya Inflasi
Data Ekonomi Australia Melemah, Seiring Melemahnya Inflasi

Pasar saham Asia memiliki sentimen sideways dengan bias bearish pada perdagangan Kamis (28/03/2024), karena adanya sentimen ketidakpastian menjelang data indeks harga PCE AS..penjualan ritel Australia dirilis lebih kecil dari perkiraannya.

Berita terbaru

Sanggupkan Emas Berlama-lama di Puncak?
Sanggupkan Emas Berlama-lama di Puncak?

XAUUSD naik ke rekor tertinggi baru pada perdagangan Senin (01/04/2024), di tengah meningkatnya spekulasi penurunan suku bunga..melanjutkan kenaikan kuat minggu lalu hingga membentuk level puncak baru sepanjang masa

Sebagian Pasar Masih Libur, Yen Stabil di Bawah 152
Sebagian Pasar Masih Libur, Yen Stabil di Bawah 152

Pasar saham Asia sebagian masih libur dan sebagian lagi menguat pada perdagangan Senin (01/04/2024), karena optimisme data pabrikan Tiongkok mendukung..potensi intervensi otoritas Jepang terhadap yen Jepang diperkirakan berada di zona 152 – 155 yen. 

Deposit dengan sistem pembayaran bank lokal DI INDONESIA

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera